Wisata Religi, Manjalang Buya Lubuak Landua *Litamay

          Pasaman Barat merupakan daerah multi etnis. Banyak suku atau etnis yang menetap di daerah ini, mereka ada yang berdarah asli minang, Jawa dan Mandaheling. Perbedaan adat dan budaya tidak membuat tanah yang subur tanaman sawit ini hambar akan adat dan tradisi. Kerukunanan dalam hidup bermasyarakat pun dilihatkan oleh masyarakat yang heterogen ini. Tempat ini juga menyuguhkan sejumlah objek wisata mulai dari wisata bahari di kawasan kecematan kinali, pantai sasak di kecamatan sasak ranah pasisia,  pantai sikilang di kecamatan sungai aua,  pantai sikabu di parit koto balinka, pantai aia bangih dan pulau panjang di kecamatan sungai beremas. Selain itu objek wisata religi dan adat pun disuguhi di tempat ini. Tradisi Manjalang Buya Lubuak landua (manjalang disini dimaksudkan dengan pergi ketempat buya untuk bersilaturahmi dengan Buya ) dan legenda Kuburan Duo menjadi warna dalam tradisi sekelompok masyarakat pasaman barat.

          Tradisi yang menjadi sorotan utama  bagi masyarakat adalah Manjalang Buya Lubuak Landua. Buya lubuak landua adalah nama panggilan untuk seorang tokoh agama yang berpengaruh besar terhadap perkembangan agama islam di Pasaman Barat. Buya lubuak landua yang memiliki nama asli syeh Muhammad Bashir pada tahun 1852 mendirikan sebuah surau ( musola ) yang bertempat di jorong Lubuak landua. Surau tersebut dijadikan oleh pengikut Buya lubuak landua sebagai tempat beribadah dan untuk melakukan suluak (semacam kegiatan kerohanian umat islam setempat untuk beribadah kepada ALLAH SWT agar lebih khusuk selama beberapa hari di surau ).

          Bertepatan dengan pendirian surau,  disisi  surau juga terdapat sebuah sungai yang pada hari sama dijadikan sebagai lubuak yang bersikan ikan. Dimana menurut kabar ikan tersebut diberi uduah ( semacam larangan), dahulu masyarakat meyakini uduah itu berlaku dan tidak ada yang berani untuk memancing apa lagi memakan ikan yang terlarang itu.  Jika ada salah seorang masyarakat yang memakan ikan tersebut maka akan menimbulkan malapetaka bagi yang melakukannya.
Setelah buya meninggal pada usia ke 122 tempat ini tetap dikunjungi. Tempat ini dijadikan sebagai wisata ziarah, ini dilakukan oleh masyarakat pengikut buya dan masyarakat luar daerah. Ziarah ini dilkukan pada hari ke enam pasca lebaran. Biasanya orang tua mengajak anggota keluarga nya untuk berkunjung terutama anak-anak mereka. Karena sungai yang berisikan ikan tersebut sangat banyak terdapat batu batu besar dan pinggir sungai juga tidak dalam sehingga para pengunjung terutama anak anak sangat senang mandi ditempat ini ditambah dengan para pedagang yang berjejer ditepi sungai.  Kebanyakan pengunjung mengaku penasaran dengan surau tua yang masih bediriri kokoh hingga saat ini. Selain itu setiap tahunnya tempat ini memang ramai dikunjungi karena telah menjadi tempat wisata pasca lebaran.

          Dimakam buya ini juga terdapat air yang berada di dalam wadah kulit lokan besar, air ini juga menjadi alasan para wisatawan utuk berkunjung ketempat ini. Banyak yang menyebutkan bahwa bagi yang datang untuk manjalang buya dan mengambil air ini untuk diminum atu ditetesi ke mata maka dapat menentramkan jiwa dan dikabulkan do’a nya.

           Buya lubuak landua (Syeh muhammad bashir ) wafat pada usia 122 tahun, kepemimpinan beliah diwariskan kepada Syeh Muhammad Amin yang dikenal dengan nama Buya lubuak landua II, wafatnya Syeh Amin pada tahun 1927 digantikan oleh Syeh abdul majid dengan gelar Buya lubuak landua III.Syech Abdul Majid meninggal pada tahun 1984,setelah memimpin surau lubuak landua selama 57 tahun. Selanjutnya digantikan oleh  Syec Abdul Jabbar, dikenal dengan sebutan  Buya Lubuak Landua IV,Syech Abdul Jabbar wafat pada tahun 1997, selanjutnya kepemimpinan dilanjutkan Syech Bahri dengan sebutan Buya Lubuak Landua V.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut