It’s Time for a New Story. A Story Between You

Judul buku            : Mata Kedua
Jenis buku             : Non Fiksi yang diindahkan dengan cerita fiksi
Pengarang            : Ramaditya Adikara
Tahun terbit          : 2013
Penerbit                 : Sheila
Halaman buku      : 368 hlm.; 13 x 19 Cm
Resensator            : Lita Mailani

It’s Time for a New Story. 
A Story Between You......        

     Mata Kedua adalah sebuah novel karya Ramaditya Adikara,seorang penyandang Tunanetra kelahiran Semarang, 3 Februari 1981.Keterbatasan tidak menjadikan penghalang baginya untuk berkarya, hal ini dibuktikan dengan hadirnya novel Mata Kedua. Novel ini terinspirasi dari kisah nyata hidup penulis yang dipadukan dengan sentuhan fiksi sehingga berbaur jadi satu.


Tunantra adalah sebuah kondisi cacat fisik yang Tuhan sudah takdirkan untuk Hamba-NYA, namun tidak ada yang senang dengan kondisi ini. Banyak penyandang tunanetra yang menganggap bahwa tuhan tidak berperilaku adil kepadanya, bahkan berpandangan bahwa hidup selalu dalam kegelapan yang tidak mungkin dapat merasakan indahnya dunia seperti orang yang dalam keaadaan sempurna rasakan. Membaca mata kedua, menghapus pandangan kita terhadap penyandang Tunanetra, merubah cara kita bagaimana untuk memperlakukan meraka. Dan juga memberikan motivasi kepada kita yang terlahir sempurna secara fisik untuk lebih menghargai pemberian Tuhan dan belajar memanfaatkannya untuk berkarya dan terus berinovasi.

Sebagian dari kita ketika melihat seorang tunanetra merasa kasihan, karena mereka berfikiran bahwa orang buta tidak dapat melihat dan merasakan indahnya dunia dikala siang dan indahnya bintang di malam hari.

Tunanetra jauh dari kebahagiaan, jauh dari impian, jauh dari kesuksesan.Persepsi inilah yang ingin dibantah oleh Rama lewat novel Mata Kedua dengan membuktikan bahwa sebagai penyandang status tunanetra mereka tidaklah seperti apa yang dinilai orang.
Novel ini menceritakan tentang masa remaja Rama, ketika ia memutuskan untuk keluar dari sekolah yang khusus untuk penyandang cacat (SLB)ke sekolah umum.SMA 67 menjadi pilihan Rama,diterima disekolah favorit bukan tampa pertimbangan bagi pihak sekolah, meskipun Rama terlahir dalam keadaan buta namun semangat dan prestasinya tidak kalah dengan orang yang terlahir sempurna.Rama juga memiliki kepandaian lain seperti dapat memainkan Games.Semua ini berkat keinginannya yang kuat untuk belajar.
Keberadaannya disekolah baru memberikannya banyak teman yang dengan tulus membantunya.Namun ia juga mendapati orang-orang yang tidak senang dengannya, yang tak jarang membuat ia sedih dan merasa dikucilkan.Hadirnya seorang wanita yang diam diam melindungi dan membelanya, pada akhirnya wanita inilah yang memberikan penglihatan yang selama ini tak mampu untuk ia lihat,wanita yang memberikannya Mata Kedua.Sampai pada akhir cerita mereka dipisahkan karena takdir Tuhan.

Novel Mata Kedua, tidak hanya menceritakan bagimana orang buta menjalankan kehidupnya saja, namun juga bagaimana semangat juang mereka dalam mewujudkan impian yang meraka bangun.Memberikan motivasi kepada pembaca akan pentingnya usaha dan kerja keras dalam mewujudkan mimpi.Tak kalah menarik dari novel ini adalah kisah cinta mereka.

Novel yang terdiri dari 368 halaman disajikan dalam gaya bahasa yang sederhana sehingga tidak membuat bosan membacanya, penulis juga menggunakan bahasa Inggris disela ceritanya.


Novel ini dapat dibaca oleh seluruh kalangan.Khusus untuk penyandang tunanetra dapat memberikan motivasi kepada mereka bahwa keterbatasan tidak menghalangi mereka untuk tetap berkarya seperti yang dibuktikan Rama.Untuk remaja untuk tetap berprestasi.


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut