BIODISEL, Solusi untuk Energi Masa Depan

*Lita Mailani

Foto:Ist

Indonesia seperti tidak pernah lepas dari permasalahan kesediaan bahan bakar fosil. Menurut sejarah, dimulai dari presiden pertama hinga presiden sekarang Jokowi,  pemerintah sempat mengambil kebijakan dengan menaikkan harga BBM yang disebabkan berkurangnya persediaan minyak dunia hingga naiknya harga. Hal ini tidak dapat di elakkan lagi, karena jika minyak bumi terus di manfaatkan setiap harinya, maka ketersediannya di dalam perut bumi suatu saat akan berkurang dan dapat habis seiring berjalannya waktu.

Di awal pemerintahannya, Presiden Jokowi sudah mengambil kebijakan yang juga telah diambil preseiden pendahulunya. Menaikkan harga BBM dengan alasan yang juga menjadi alasan presiden sebelumnya. Pemerintah Indonesia dalam hal ini tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Kekayaan alam di bumi pertiwi ini ternyata belum dapat memberikan solusi jika saja semua pihak terutama pemerintah tidak sadar dengan apa yang dimilikinya.

Indonesia, memilki tanah yang subur sehingga  dapat ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman yang memiliki manfaat yang besar. Salah satu tanaman yang memiliki manfaat besar bagi keberlangsungan energi masa depan adalah Kelapa Sawit dan Jarak. Indonesia tercatat sebagai penghasil kelapa sawit terbesar kedua setelah malaysia. Seperti memberikan sumber mata air ditengah keringnya lahan, peumpamaan untuk keberadaan dua tanaman ini.

Biodisel merupakan biofuel yang dapat menggantikan solar atau minyak diesel. Biodisel merupakan energi hijau yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Biodisel dapat dikategorikan sumber energi yang aman dan ramah lingkungan. Pada suhu 160 derajat Celcius, biodisel diklarifikasikan sebagai cairan yang tidak bisa terbakar. Penggunaan Biodisel sebagai bahan bakar untuk kendaraan tergolong aman jika terjadi kecelakaan.

Namun, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya mengetahui Biodisel. Selama ini Kelapa sawit dimanfaatkan sebagi minyak goreng dan untuk pemanfaatan menjadi energi sebagai bahan bakar masih minim. Kendala secara teknis dan non teknis dalam pengolahan kelapa sawit dan jarak sehingga menyebabkan biodisel belum dapat dijadikan energi alternatif dikalangan masyarakat. Keseriusan pemerintah untuk memanfaatkan tanaman ini masih terbilang lambat. Pada tahun 2002 lalu, Indonesia sempat menyorakkan penggunaan biodisel sebagai energi alternatif. Namun hingga saat ini biodisel masih sulit ditemukan untuk penggunaannya.

Jika saja tanaman kelapa sawit dan jarak benar dapat terwujud menjadi energi hijau yang ramah lingkungan, maka indonesia dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya dalam pemenuhan bahan bakar. Dengan demikian, maka akan tercipta lapangan pekerjaan baru bagi penduduknya dan dunia akan melirik indonesia dengan kemampuannya.

Sebuah peluang besar, dan menjadi tantangan bagi Presiden sekarang yang akan menjawab rintisan masyarakatnya. Dan menjadi kebanggaan jika saja hal ini dapat terealisasi dan masyarakat dapat memanfaatkan Biodisel sebagai bahan bakar. Dengan demikian, Negara Indonesia tidak agi memasok bahan baku keluar negeri tetapi mengolahnya di Negeri sendiri. Sebuah peluang dari energi hijau terbarukan untuk Indonesia yang sejahtera.




SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut