Berteman dengan Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

*Lita Mailani
Foto:Ist

Dewasa ini semakin banyak penyakit yang datang menghadang tubuh manusia. Ragam penyakit juga diakibatkan oleh ragam penyebabnya. Tubuh yang sehat harus tetap dijaga. Namun hari ini salah satu musuh terbesar yang menjadi penghalang kesehatan manusia adalah radikal bebas (free radical). Randikal bebas sangat mudah menyerang tubuh manusia. Hal ini telah menjadi pembicaraan dalam dunia medis beberapa waktu terakhir.

Semua kemungkinan buruk yang terjadi pada tubuh manusia akibat Radikal Bebas dapat di hindari dengan cara yaitu berteman dengan Antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat proses oksidasi dalam tubuh. Antioksidan juga di sebut sebagai obat penawar yang dapat membumihanguskan radikal bebas. Radikal Bebas adalah molekul yang elektronnya tidak memiliki pasangan. Terbentuk ketika terjadi proses oksidasi dan ketika molekul tanpa pasangan tersebut menempel pada molekul berpasangan, maka DNA serta membran sel dari berpasangan akan rusak (Priska siagan,2012).

Antioksidan dapat menghalau radikal bebas yang ada dalam tubuh dan di luara tubuh. Radikal bebas dari dalam tubuh merupakan buangan dari proses oksidasi biologis dalam tubuh . Buangan tersebut jika dalam jumlah yang besar maka akan sangat berbahaya bagi tubuh. Sementara radikal bebas di luar tubuh seperti polusi dan stres kerap menghampiri manusia dalam menjalankan aktifitas. Polusi dan Stres juga memengaruhi oksidasi dalam tubuh. Karena radikal bebas yang berasal dari luar tubuh dapat masuk hingga dalam organ tubuh.

Jantung dan pembuluh darah adalah organ yang sering diserang oleh radikal bebas. Ketika radikal bebas masuk kedalam tubuh dan menyerang organ jantung dan pembuluh darah maka kemungkinan datangnya penyakit seperti stroke dan penyakit jantung akan sangat tinggi.

Dari paparan diatas maka kita sangat membutuhkan antioksiadan. Menjadikan antioksiadn sebagai gaya hidup sudah hal yang patut dilakukan demi kesehatan tubuh kita. Antioksidan dapat diperoleh dari buah dan sayur-sayuran. Dengan mengkonsumsi Antioksidan dari sumber alami maka akan lebih optimal dalam pemanfaatannya bagi tubuh manusia.

Untuk memilih sayur dan buah yang dijadikal sumber antioksiadan yaitu yang mengandung Oksygen Radical Absorbence Capacity (ORAC). Semakin tinggi kandungan ORAC didalam buah dan sayur maka makin tinggi kandungan antioksidan yang akan diserap oleh tubuh.

Berikut adalah buah dan sayur yang dapat mengoptimalkan suplai antioksidan dalam tubuh menurut sumber buku Keajaiban Antioksidan oleh Priska Siagan diantaranya buah berries ( Stoberi, blacberries, raspberries), jeruk, anggur buah kiwi, melon, pepaya, mangga, pir dan nanas.

Dan dari sekian banyak jumlah sayur yang ada maka sayuran yang mengandung antioksidan yang tinggi diantaranya bayam, brokoli, bawang putih, wortel, tomat, daun bawang, kacang kapri daun selada, kacang merah dan labu.

Dengan membiasakan pola hidup sehat yaitu berteman dengan antioksidan maka kemungkinan terburuk tubuh akan terserang oleh radikal bebas dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan.
Sumber bacaan: (Keajaiban Antioksidan oleh Priska Siagan) For: Tugas tulisan Genta Andalas


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut