Mimpi Untuk Bercahaya

Foto:Ist
Judul Buku                            : Anak Sejuta Bintang 
Pengarang                             : Akmal Nasery Basral
Cetakan &Waktu Terbit        : 1 Januari 2012
Penerbit                                  : Expose
Tebal                                       : 405 Halaman
Resentator                              : Lita Mailani

           Anak Sejuta Bintang adalah sebuah novel biografis yang kembali terlahir dari hasil kreatif seorang penulis Akmal Nasery Basral.lahir di Jakarta pada 28 April 1968 adalah penulis novel imperia,Ada sesorang dikepalaku yang bukan aku (kumpulan cerpen ),Nagabonar jadi 2 , Sang Pencerah , Presiden Prawiranegara , Batas , dan simponi untuk negri : Twilite Orchestra dan  Margenta Orchesra (non fiksi).

Kembali pada tahun 2012 selain novel Anak Sejuta Bintang ini yang kembali membuat para pencinta novel dan biografis terhidupkan dengan suasana, karya nya yang terbit selanjutnya adalah novel sejarah Napoleon dari Tanah Rencong dan  juga novel biografis tentang ulama  - sastrawan Buya Hamka .A nak Sejuta Bintang adalah novel biografis yang indah untuk dibaca,penilain dan pandangan setiap orang terhadap sebuah novel kadang berbeda namun  kita hanya menghilangkan pikiran negatif dan memahi apa yang sedang ada dihadapan kita.Menilai nya itu adalah sebuah ilmu yang dapat mengantarkan kita kepada pribadi yang lebih baik seperti tokoh yang diceritakan dalam tulisan Akmal NaseryBasral.

          Suasana rumah kontrakan yang sederhana di hunyi oleh keluarga kecil yang sangat bahagia,mereka adalah sepasang suami istri Bakri dan Roosniah dengan satu orang putra mereka bernama ical dan satu gadis kecil meraka yaitu odi.Demokratis hangat selalu ditampak kan oleh bakri sebagi seorang ayah yang akan memberi contoh yang baik untuk anak nya.Dibesarkan dengan lingkungan yang mendukung nya untuk menjadi pribadi yang cerdas,dan dilahirkan dalam keadaan keluarga yang berada,tidak heran jika cerminan sukses sudah terlihat ketika iya masih anak – anak.

         Keluarga Bakri tidak selalu hidup sempurna seperti yang dinilai oleh ie soen tjiang (pemilik kontrakan ),namun rasa sukur kepada sang pencipta atas apa yang dimilik nya selalu membuat bakri merasa mendapatkan kehidupan yang baik,hal itulah yang diajarkan kepada putra sulung nya ical , hal yang selalu membuat ayah anak ini senang adalah ketika berbagi sesuatu yang mereka senang .

           Bakri dan Roosniah selalu memberikan yang terbaik untuk anak nya,tetapi kehidupan keluarga mereka pun tidak semulus yang dibayang kan,masa – masa sulit juga sempat hadir ditengah kebahagiaan  ini yaitu ketika perusahaa Bakri mengalami kebangkrutan dan dia harus memulai nya dari dasar dan diwaktu yang bersamaan calon adik untuk ical dan odi yang ditunggu kelahiran nya hadir kedunia hanya melihat kan tangisan mungil dan tuhan berkata lain,namun begitu Bakri tidak dapat melihat kan rasa sedih yang ada didalam hatinya.ical dimasukkan oleh kedua orang tuanyan ke sebuah taman pendidikan anak (perwari),disini lah ical mulai menemukan banyak kawan,namun keheranan juga menghantui pikiran ical,ketika melihat ruangan yang ia tempati,ya sebuah ruangan sempit yang diisi oleh puluhan anak anak.cik sul hanya memberi pemahaman kepada murid nya.

         Seperti layak  anak seusianya segala keluhan ical sampai kan kepada sang ayah tercinta,sikap Bakri yang mendengarkan membuat anak nya betah bercerita lama.Bakri selalu memberikan pemahaman positf kepada anak nya agar tumbuh kembang putra putri nya nanti menjadi pribadi tangguh yang dapat mewujudkan semua mimpi dengan keberanian dan membuat cahaya itu bersinar sesuai dengan yang kita impikan.Bakri selalu berkata kepada ical bahwa un tuk mencapai sebuah mimpi itu tidak lah mudah , hal pertama yang kamu lakukan adalah memahami hidup mu sendiri,menatap terus kedepan.

         Dalam alur cerita yang lugas dan sederhana Akmal Nasery Basral terbilang berhasil menulis sebuah novel biografis dari Aburizal Bakrie,jalan cerita yang mudah untuk dimengerti oleh berbagai tingkat umum dan kebutuhan.Novel ini tidak hanya dibaca oleh orang tua yang ingin mendidik dan membesar anak anak nya seperti sukses nya Bakrie dan Roosniah tapi juga untuk remaja yang sedang mencari jati diri nya,seorang guru yang dengan membaca buku ini memiliki cara atau pilihan baru untuk mendidik murid nya. Komunikasi dengan anak sangat penting pengaruhnya dalam pertumbuhan mereka. Di masa-masa awal hidup seorang anak, mereka selalu butuh didengarkan dan kedua orang tua idealnya harus bisa menjadi pendengar yang baik dan kawan bercakap yang nyaman bagi anak-anaknya.Dan inilahyang disajikan oleh penulis melalui biografis dari seorang yang begitu hebat.

Novel ini tidak hanya bercerita tentang bagaimana cara mendidik,tetapi cerita lucu dan humor juga didapat ketika kita sedang membacanya. contoh nya saja ketika ical masih ber umur 5 tahun yang waktu itu begitu antusias nya dengan pertunjukan pesta dari tradisi cina.Novel ini menginspirasi dan menyadarkan kita bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh kekayaan dan status, namun berkat pola asuh yang benar dan tepat bahasanya segar dan menghibur.

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Exposē dan didistribusikan oleh Mizan, sebuah nama yang cukup terkenal di kalangan pembaca Indonesia dengan karya-karya yang bermutu. Bagian lemah novel ini terutama di penyuntingan. Mungkin ketika melaksanakan pekerjaan penyuntingan, beliau sedang diburu waktu tenggat sehingga beberapa kesalahan luput dari perhatian.



Oleh:Lita Mailani
Bp:1311122030
Dosen:Alex Dermawan
UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG

SEUMATRA BARAT
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut