Berkah Sahur dan Buka Puasa

*Lita Mailani
            Banyak kebahagian yang dirasakan oleh umat islam ketika datang bulan Ramadhan. Bulan yang penuh ampunan dan berkah bagi seluruh umat islam. Pada bulan ini satu bulan lamanya umat islam berpuasa. Menjaga dan menahan seluruh hal yang dapat membatalkan puasa. Menjaga hati, pikiran dan lisan pada setiap harinya agar dapat menjadi insan yang lebih baik. Salah satu kebahagian seorang yang menjalankan puasa adalah ketika datangnya waktu buka dan sahur. Rasulullah mengabarkan bahwa umatnya senantiasa dalam kebaikan selama mereka selalu menyegerakan berbuka. Sementara untuk makan sahur, yang dianjurkan adalah mengakhirkannya.
            Sahur dalam islam hukumnya sunnah, sehingga menjadikannya lebih baik dikerjakan dan mendapatkan pahala. Sahur tidak dipaksakan mesti makan, bagi yang tidak dapat mencukpi kebutuhan sahur, Rasulullah menganjurkan  untuk minum seteguk air. Rasulullah bersabda, “Makan sahur adalah berkah maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air”.  (HR. Ahmad, hadits hasan, lihat Shahihul Jami’ish Shaghir, 1/686 no. 3683) . Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Sahur dapat diperoleh seseorang yang makan dan minum meskipun hanya sedikit.” (Fathul Bari, 4/166).
            Waktu yang utama untuk makan sahur adalah dengan mengakhirkan waktunya hingga mendekati terbit fajar. Mengakhirkan waktu sahur ini merupakan sunnah. Berkah yang didapat ketikan menjalankan sahur dapat menjadikan kita sebagai seorang yang disiplin untuk beribadah. Pada waktu sahur dianjurkan juga unutk mengkonsumsi buah kurma.
            Dalam sahur terdapat berkah, dari Anas bin Malik , ia berkata bahwa Nabi bersabda: تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat berkah.” (Muttafaqun ‘alaih) Al-Hafizh Ibnu Hajar t berkata (dalam kitabnya Fathul Bari, 4/166): “Dan yang utama (dari tafsiran berkah yang terdapat dalam hadits) sesungguhnya berkah dalam sahur dapat diperoleh dari beberapa segi, yaitu:
 a. Mengikuti Sunnah Nabi n.
 b. Menyelisihi ahli kitab.
 c. Menambah kemampuan/kekuatan untuk beribadah.
 d. Menambah semangat.
 e . Mencegah akhlak buruk yang timbul karena pengaruh lapar.
 f. Mendorong bersedekah terhadap orang yang meminta pada waktu sahur atau    berkumpul bersamanya untuk makan sahur.
 g. Merupakan sebab untuk berzikir dan berdoa pada waktu mustajab.
 h. Menjumpai niat puasa bagi orang yang lupa niat puasa sebelum tidur.
            Selain  waktu sahur, maka kebahagian yang mendatangkan berkah bagi yang berpuasa adalah ketika datang waktu berbuka. Waktu yang dibolehkan untuk berbuka ditandai dengan tenggelam (terbenamnya) matahari. Sebagaimana firman Allah, “Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga (datang) malam.” (al-Baqarah: 187).
Hal-hal yang disunahkan ketika berbuka adalah:
  1. Menyegerakan berbuka ketika telah datang waktunya.
  2. Berbuka dengan ruthab (kurma basah), bila tidak dijumpai maka berbuka dengan tamr (kurma kering), dan bila tidak ada maka dengan minum air.
  3. Memberi makanan berbuka.
Keutamaan Memberi Makanan Berbuka adalah  suatu kenikmatan yang sangat besar apabila dengan rezeki yang telah Allah karuniakan, kita dapat menyisihkan sebagiannya untuk memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa karena pahalanya yang sangat besar.
(Diolah dari berbagi sumber)



SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut