Kurma, Buah Sunnah Pelengkap Buka Puasa


*Lita Mailani

Foto :Ist
            Memasuki bulan Ramadhan, buah kurma kembali menjadi buah sorotan khususnya bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Menurut sejarah qurma telah hadir di muka bumi ini jauh sebelum manusia datang. Kita mengenal kisah Nabi Adam ketika beliau turun ke bumi. Beliau Banyak menemukan tanaman, salah satunya adalah pohon kurma. Khas kurma memiliki warna coklat kehitaman dengan rasa manis dan kesegaran saat mencicipinya. Buah ini tumbuh subur dinegara Timur Tengah seperti Arab Saudy.

            Salah satu bulan yang paling banyak ditemukan buah kurma adalah bulan Ramadhan. Kita tidak perlu sulit untuk mencari buah qurma jauh hingga ke Tanah suci. Banyak tempat yang menyediakan kurma untuk dijual. Kurma, Sama halnya dengan buah yang lain. Kurma juga memiliki zat gizi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Terdapat sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

            Kandungan yang terdapat pada buah ini, menjadikannya sebagai buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika waktu sahur dan berbuka.  Artikel ini akan menuliskan khasiat dan manfaat bagi yang mengkonsumsi kurma.
1.      Mengoptimalkan Kerja Otak. Kurma menjadi salah satu makanan terbaik untuk organ otak. Ini dikarenakan, kurma mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan kecepatan berpikir otak.
2.      Menjaga kesehatan Jantung. Kurma mengandung sejumlah besar potasium yang berfungsi membantu menghindarkan seseorang dari resiko serangan stroke serta berbagai penyakit jantung lainnya. 
3.      Penangkal Anemia Yang Efektif. Buah Kurma mengandung sejumlah besar zat besi didalam buahnya. Jadi, sangat baik bagi mereka yang sering terkena gejala anemia atau kurang darah dalam kehidupannya.
4.      Penambah Energi Yang Cepat. Di akhir aktivitas pekerjaan yang dilakukan seseorang, rasa letih, lesu, capek tentu menjadi masalah yang sering dialami semua orang. Kurma mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi (glukosa, sukrosa dan fruktosa) yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas padat.
5.      Nutrisi Lengkap Untuk Tulang . Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang seseoran juga akan menurun. Kurma mengandung sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan serta tembaga, kelima zat tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis.
6.      Rabun Senja: manfaat dari kurma sangatlah banyak, dan seringkali digunakan untuk mengobati kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Jika daun dari palem kurma ditumbuk dan dioleskan di sekitar mata, atau ketika kurma dimakan, terbukti kurma dapat mengurangi frekuensi rabun senja, dan solusi ini seringkali digunakan di daerah pedesaan dimana kurma ditanam untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif.
7.      Gangguan Usus. Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.



SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut